Tim UNP Uji 2 Kenderaan di KMHE 2018

Tim UNP dan mobil yang ikut Kontes Mobil Hrmat Energi 2018..foto.dok.ag

 

Padang, Mimbar  — Selain sebagai tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang telah menjadi program tahunan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Universitas Negeri Padang (UNP) juga menurunkan 2 kenderaan untuk kategori Prototyepe Diesel dan Urban Gasoline.

Untuk Prototyepe Diesel, tim M-Dos Technic UNP Team, dengan nama kenderaan Arrow Concept dibawah besutan dosen pembimbing Donny Fernandes akhirnya pada hari kedua, Kamis (29/11) gagal menyelesaikan finis.

Kenderaan Arrow Consept M-Dos Technic UNP Team yang bermaterikan Iffarial Nanda, Iqra Natun Nafsiah, Frandika Naury, Denny Rahmad, Adytio Fran Noveli, Dedes Saputra Jeli, Abdul Halim Zaini akhirnya tak kuasa melanjutkan sampai ke finis dan hanya menikmati pengalaman barunya dapat tampil di KMHE 2018.

Baca Juga:  Gelar Osmaba, STEI Ar Risalah Sumbar Targetkan 2030 jadi Universitas

Rifdamon, pegiat otomotif dari Fakultas Teknik UNP menjelaskan kenderaan Arrow Consept dibuat dari baja ringan dan alumnium dan memengaruhi terhadap pemakaian BBM. Pengemudi Arrow Concept Nanda Prayudha alias Acil dengan kenyataan ini gagal naik podium.

Pada hal sistem transmisi, Arrow Concept menggunakan rantai dan piringan bergigi seperti pada sepeda atau sepeda motor. Alat-alat transmisi itu dipakai untuk memindahkan tenaga dari mesin Yanmar L40 dengan type 185 cc berbahan bakar solar ke roda. Tidak ada pemakaian campuran penghemat bahan bakar apa pun, hanya solar murni. Sedangkan sistem pendinginan mesin menggunakan udara yang ditiupkan kipas.

Tahun ini, kontes yang dimaksudkan mencari inovasi baru dalam penerapan teknologi hemat energi itu memperlombakan dua kategori berdasarkan jenis kendaraan, yaitu urban dan prototype. Mobil dalam ajang KMHE ini juga dibagi menjadi empat kelas berdasarkan motor penggerak yang digunakan. Yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) gasoline, MPD etanol, MPD diesel, dan MPD listrik. Tuan rumah sendiri akan mengikutkan dua mobil yakni Ajo 1st G untuk kategori Urban Gasiline dan Arrow Concept untuk kategori Prototype Diesel.

Baca Juga:  Mulai 2023, UNP Buka 9 Prodi Baru

Seperti halnya tim peserta lainnya, UNP Team sampai Kamis (29/11) sore hanya bisa berharap di Kenderaan Ajo 1st dengan nama tim JTO Eco Car Team UNP akan tampil di kelas Urban Gasoline, dibawa besutan dosen pembimbing Martias Ajo 1st bermeterikan Rizki Silardo, Angga Saputra, Muhammad Fauzi, Fitrah Kurniawan, Dedi Mulyono, Ilham Alzari, Arika Wijaya

“Saya gembira tim M-Dos Technic UNP Team mengedepan kebersamaan untuk memulai pengalaman baru dengan sesuatu yang kurang menggembirakan. Mudah-mudahan pengalaman baru menjadi yang berarti dimasa mendatang. Dan untuk kenderaan Ajo 1St G dengan nama tim JTO Eco Car Team UNP mari kita doakan agar lancar dalam kontes ini,” ujar Rifdarmon. (rls/hms/ag)