Tingkatkan Mutu Pendidikan, 4 Prodi FMIPA Gelar Visitasi Online ASIIN

Padang, Mimbar — Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya dengan meningkatkan akreditasi nasional maupun internasional.

Saat ini, UNP telah meraih akreditas AUNQA dan saat ini, Selasa (6/7) dilaksanakan pembukaan visitasi Accreditation Agency fo study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman untuk disiplin ilmu Matematika dan Sains, Teknik, dan Informatika.

Visitasi ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting. Hadir dalam kegiatan ini rektor, wakil rektor, dekan, ketua lembaga, wakil dekan, dan kepala biro. Visitasi Online ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Dimana seluruh peserta dan panitian yang terlibat harus melakukan test swab antigen.

Baca Juga:  Unand Kerja Sama Akademik dengan Universite Laval Canada

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan bahwa saat ini UNP sudah memiliki 8 prodi yang telah terakditasi AUN-QA. Target tahun ini ada 12 prodi lagi akan terakreditasi internasional. Pada tahap I atau Cluster A ini dilaksankan dari tanggal 6-8 Juli 2021. Sebanyak 4 Prodi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) yakni Pendidikan Fisika, Fisika, Pendidikan Matematika dan Matematika dengan melibatkan 3 asesor yakni Prof. Dr. Martin Pieper (Aachen University of Applied Sciences), Prof. Dr. Thomas Trefzger (University of Wuzburg) , dan Prof. Dr. Carsten Westphal (Technical University of Dortmund).

Baca Juga:  Kadis Pendidikan Padang, Perhatikanlah SD Negeri 27 Sungai Sapih

“Semoga dengan adanya akreditasi internasional ini, lulusan-lulusan UNP diakui dan terstandarisasi secara internasional, tidak hanya diakui dalam negeri tetapi juga luar negeri. Selain itu, juga dapat mendorong semakin banyak mahasiswa asing yang ingin melanjutkan pendidikan di UNP karena prodi-prodi di UNP sudah terkareditasi internasional,” ungkap Rektor.

Sementara itu, dengan diraihnya akreditasi internasional ASIIN ini semoga seluruh prodi dapat meningkatkan dan menunjukkan kualitas pendidikan dan pengajarannya di UNP dengan sudah memenuhi standar internasional. Rektor UNP mengatakan akan selalu mendorong seluruh dosen untuk dapat meningkatkan kualitas dalam menghasilkan karya inovatif serta publikasi jurnal internasional yang dapat mendukung proses pembelajaran. (ms/hms/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.