TSR Bupati Pasaman Kunjungi Masjid Raya Simpang Lansek, Pengurus Curhat Soal Air Bersih

Tim Khusus Safari Ramadan yang dipimpin Bupati Pasaman Sabar AS kunjungi Masjid Raya Simpang Lansek Kadok, Selasa (19/3). (foto/dasrizal)

PASAMAN, mimbarsumbar.id —  Keluhan masyarakat Simpang Lansek Kadok tentang ketiadaan sarana air bersih di Masjid Raya Simpang Lansek Kadok, ditanggapi langsung Bupati Pasaman Sabar AS.

“Masjid ini telah selesai direhab dan sudah bagus, namun sarana air bersihnya belum memadai. Untuk itu kami mohon kepada Bapak Bupati untuk berkenan membantu masuknya air bersih ke masjid ini,” ujar Rahman Sutan Munthe, saat Kunjungan Tim Khusus Safari Ramadan Pemkab Pasaman, yang dipimpin Bupati Sabar AS di Masjid Raya Simpang Lansek Kadok, Selasa (19/3).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sabar AS minta Dinas PUPR Pasaman segera memfasilitasi sarana air bersih untuk Masjid Raya Simpang Lansek Kadok, Nagari Tarung-Tarung Selatan, Kecamatan Rao.

“Saya minta Dinas PU segera lakukan survey. Jika sumber air yang berjarak sekitar 200 meter dari masjid memungkinkan untuk dialirkan, maka segera dibuatkan jaringan pipanisasi nya ke masjid ini,” ujar bupati, kepada Kabid Pengairan Dinas PU Pasaman yang hadir saat itu.

Dialog bupati dan masyarakat tersebut berlangsung dalam silaturahmi usai shalat tarawih di masjid berukuran 17 x 17 meter di kawasan Simpang Lansek Kadok tersebut.

Menurut Bupati Sabar AS, tujuan utama Safari Ramadhan adalah menjalin silaturahmi, yang akan menjadi modal penting dalam membangun jembatan hati, guna menyongsong Pembangunan Kabupaten Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

“Melalui momen ini, Pemerintah daerah dapat menyampaikan informasi pembangunan yang akan, sedang dan telah berjalan, serta dapat pula menyerap langsung informasi dari masyarakat,” jelas Bupati.

Gerakan memakmurkan masjid, melalui Subuh berjamaah dan thaharah masjid, ikut disampaikan Bupati Sabar AS, termasuk menggalakan program tahfidz bagi anak-anak dan remaja di Kabupaten Pasaman.

“Bangun agamanya, akidahnya, pendidikannya, juga kesehatannya. Dan masyarakat Pasaman harus memanfaatkan program Pendidikan gratis dan berobat gratis, yang biayanya sudah ditanggung Pemda Pasaman, secara Universal Coverages,” terangnya.

“Kita ingin masyarakat Pasaman lebih baik dari waktu ke waktu,” tekad Bupati Sabar AS.

Turut disampaikan sejumlah informasi pembangunan physik, termasuk pembangunan akses jalan di kecamatan Rao pada tahun anggaran 2024 ini.

“Mari dukung seluruh program dan kegiatan pembangunan di daerah kita masing-masing, agar pelaksanaanya berjalan maksimal dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” pesan bupati lagi.

Safari Ramadan ditengah guyuran hujan lebat malam itu, ditutup tausyiah agama yang disampaikan Ustadz Zulfahmi, yang berjudul manusia paling tinggi derajatnya di sisi Allah Swt.

Terakhir, Bupati Sabar AS menyerahkan bantuan Pemda Pasaman kepada pengurus masjid sebesar Rp.20 juta, ditambah bantuan Bank Nagari dan BRI serta aneka bantuan Baznas Pasaman untuk masjid dan masyarakat kurang mampu di daerah itu.

Turut hadir malam itu, Kepala OPD Pemkab Pasaman, Pinca Bank Nagari, Kepala BRI, Pimpinan Baznas Pasaman, Camat beserta forkopimca dan wali nagari se-kecamatan Rao, termasuk Ninik mamak serta tokoh masyarakat setempat.(ms/zal)