TSR VI Pemko Padang Panjang, Jamaah Minta Bangunkan Trotoar di Depan Masjid Baitul Haq

Tim Safari Ramadan VI Pemko Padang Panjang di Masjid Baitul Haq Kelurahan Guguak Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur, Senin, 18 Maret 2024. (foto/rma)

PADANG PANJANG, mimbarsumbar.id – Tim Safari Ramadhan (TSR) VI Pemerintah Kota Padang Panjang mengunjungi Masjid Baitul Haq (LDII) di Kelurahan Guguak Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Senin malam, 18 Maret 2024.

TSR VI yang diketuai Ketua Pengadilan Negeri Padang Panjang, Agung Wicaksono, S.H., M.Kn., didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako, Syahdanur, S.H.,M.M., Kabag Pemerintahan Setdako, Marjulas Sabri, S.E., ME., Anggota DPRD, Idris, S. Pdi dan Yudha Prasetya, Kasat Pol PP Damkar, Benny, S. STP, Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIB Padang Panjang, Auliya Zulfahmi, Amd., IP., S.H., M.H., Kepala Badan Statistik, Joni Suryadi, S.E., M.M., Dinas Kominfo Padang Panjang dan beberapa awak media.

Mengawali sambutannya, Syahdanur menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus dan jamaah Masjid yang telah berkenan menyambut TSR tingkat Kota Padang Panjang.

“Kunjungan TSR ini, tentunya kita harapkan dapat menjadi wahana untuk mempererat tali silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah sesama muslim. Dan meningkatkan kedekatan antara Pemerintah selaku Umaro dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga membentuk rasa saling memiliki dalam mempertahankan kondisi yang kondusif, yakni aman, tentram, tertib, tenang, nyaman dan damai, seperti yang kita cita-citakan bersama selama ini,” kata Syahdanur.

Syahdanur juga mengungkapkan rasa syukurnya, atas telah terlaksananya tahapan Pemilu 2024 di Padang Panjang yang berjalan aman dan damai. Tingkat partisipasi pemilih di Kota Padang Panjang mencapai 84%, atau di atas target nasional. Kemudian, Padang Panjang akan menjalani pemilihan Walikota dan Wakil Walikota periode 2024-2029 yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024 mendatang.

Terkait bencana erupsi Gunung Marapi yang mempengaruhi produksi pertanian di Padang Panjang, lanjut Syahdanur, telah menimbulkan kerugian cukup besar pada para petani. Oleh karena itu, baru-baru ini Pemprov Sumbar telah menyalurkan cadangan beras pemerintah kepada keluarga petani terdampak erupsi. Dalam waktu dekat, Pemko Padang Panjang juga akan menyalurkan bantuan untuk meringankan beban petani terdampak erupsi Marapi.

Dalam kesempatan tersebut, Syahdanur menyampaikan beberapa program Pemko Padang Panjang ke depan, yaitu di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial keagamaan, pelayanan masyarakat. Selanjutnya, TSR VI menyerahkan bantuan pemerintah kepada Masjid Baitul Haq Kelurahan Gumala sebanyak Rp 30 juta.

Saat sesi tanya jawab, pengurus Masjid dan jama’ah menyampaikan keinginan kepada TSR VI agar mengusulkan kepada pemko untuk membangun trotoar di seberang jalan depan Masjid, memperbaiki penerangan lampu jalan yang sering mati dan menyediakan alat pembatas kecepatan atau markah kejut (polisi tidur) di depan Masjid.

Terkait usulan tersebut, Syahdanur mengatakan masukan tersebut menjadi catatan tersendiri dari TSR VI. (ms/rma)