Uji Coba Penggunaan Sirekap, KPU Agam Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Agam, Mimbar – KPU Kabupaten Agam gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, sekaligus uji coba penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pada Pilkada serentak 2020, Sabtu (21/11/20).

Pelaksana harian Ketua KPU Agam, Zainal Abadi mengatakan, simulasi dan uji coba Sirekap dilaksanakan di TPS 16 Nagari Gaduik, Kecamatan Tilatang Kamang.

“Kegiatan ini dilaksanakan bersama KPPS dan dihadiri seluruh PPK di Agam,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini untuk pemantapan seluruh jajaran KPU dalam pelaksanaan pungut hitung, yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang.

Dengan begitu, kegiatan ini dapat mengantisipasi segala kekurangan semenjak dini, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Putus Mata Rantai Covid-19, Plt Camat Baso Ajak Masyarakat Terapkan 3 M

Hasil evaluasi simulasi akan dibahas dalam bimbingan teknis pungut hitung yang dilakukan secara berjenjang dari PPK, PPS hingga KPPS.

“Segala kekurangan nanti akan kita perbaiki, agar pelaksanaan pesta demokrasi satu kali lima tahun ini berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Agam, Yunilson menyambut baik kegiatan simulasi ini. Karena selain mematangkan kesiapan penyelenggara, juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pemilihan di TPS dilakukan dangan standar kesehatan yang tinggi.

Untuk itu, katanya, masyarakat tidak perlu khawatir penyebaran Covid-19 di TPS, karena pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga:  Satresnarkoba Polres Agam Ringkus Ibu 10 Anak Pengedar Narkoba

“Setiap TPS diberlakukan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, mengukur suhu dan lainnya,” jelas Yunilson. (Ms/RiL)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.