Unand Kerja Sama Akademik dengan Universite Laval Canada

Dekan Fakultas Teknik Unand Innsanul Kamil (pojok kanan) inisiasi kerja sama akademik dengan Universitas Laval Canada bagian proses transformasi PT ke industri 4.0 serba digital, Minggu 19/8 (foto: humas-ftua)

 

 

 

Padang, Mimbar — Universitas Andalas (Unand) Padang terus menggeliat memacu diri sebagai perguruan tinggi (PT) terkemuka di Indonesia.

Bahkan, dari hasil klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia yang dilakukan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2018, Unand menembus 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Untuk meningkatkan terus capaian yang telah diraih itu Unand harus masuk ke semua indikator penilaian peringkat PT tersebut, satu di antara indikator menjadi PT terbaik yakni  akreditasi internasional dan kerja sama akademik dengan perguruan tinggi luar negeri.

“Saat ini, Unand dalam proses kerja sama akademik dengan Universitas Laval Canada, proses kerja sama ini diinisiasi Fakultas Teknik,” ujar Dekan Fakultas Teknik Unand Insannul Kamil, Minggu 19/8 kepada media di Padang.

Dekan Fakultas Teknik Unand ini mengatakan selain bertujuan untuk memicu kinerja akademik dan pertumbuhan Universitas, kerja sama ini merupakan langkah baik untuk posisi strategis Unand di tingkat nasional dan internasional dalam melakukan inisiatif dan inovasi mentransformasi menuju pendidikan tinggi 4.0 yang serba digital.

Baca Juga:  Prof. Ganefri : Penguatan Pancasila Tangkal Masuknya Ideologi Radikal

“Dan, program studi yang belum memperoleh akreditasi internasional atau regional bisa termotivasi untuk terus bertumbuh, berinovasi dan berprestasi.”ujar Innsanul Kamil.

Menurutnya, tahap kerja sama dengan pihak Universitas Laval, Canada saat ini
memasuki tahap kesepakatan penyusunan Perjanjian Kerja Sama Akademik.

“Begitu perjanjian sudah ditandatangani, berarti kerja sama ini sudah efektif , dan tentu secara bersama-sama dijalankan,”ujar Innsanul Kamil saat menyepakati rancangan point to point kerjasama akademik dengan Prof. Hendra Hermawan dari pihak Universitas Laval, Canada.

Pada 2019 nanti kerja sama akademik Unand dengan Universitas Laval Canada itu sudah mulai berjalan. “Persiapan dan kesiapan kita dalam mengisi kerja sama ini dituntut,”ujar Insannul yang didampingi wakil Dekan I bidang akademik Prof. Gunawarman dan Dr. Oknovia Susanti, dosen Fakultas Teknik Unand jurusan Teknik Mesin.

Baca Juga:  Kafilah MTQ UNP Melaju di Sembilan Nomor Final

Perjanjian Kerja Sama Akademik dengan Universitas Laval, Canada itu menurut Innsanul Kamil meliputi pertukaran tenaga pengajar dan mahasiswa, penelitian bersama, seminar dan
konferensi, dan lain-lainnya, termasuk publikasi ilmiah.

“Jangka waktu perjanjian ini berlaku selama lima tahun. Karena menyangkut perjanjian, maka penyusunan Perjanjian kerja sama juga mengatur tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak, termasuk masalah keuangan,”ujarnya sambil berharap, perjanjian yang diinisiasi Fakultas Teknik ini bisa berjalan sesuai yang ditetapkan dalam perjanjian kerja sama ini.(own/rilis: ftua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *