Universitas Tamansiswa Padang Gelar Expo MBKM 2024 Wujudkan Enterpreneur Muda Berkarakter

 

PADANG, mimbarsumbar.id — Universitas Tamansiswa Padang dengan bangga menyelenggarakan Expo Kegiatan MBKM 2024 dengan tema “Mewujudkan Enterpreneur muda, berpengetahuan dan berkarakter tamansiswa melalui pengalaman MBKM”. Acara ini diadakan pada 27 Juni 2024 di Kampus Unitas Padang dan terbuka untuk umum.

Kepala Program Study S2 Unitas Dr. Jamilah, MP menerangkan bahwa Pameran Pengalaman Magang Inspiratif
Expo Kegiatan MBKM 2024 bertujuan untuk memamerkan pengalaman mahasiswa yang telah mengikuti program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta.

Jamilah menyampaikan Para peserta menampilkan berbagai hasil karya dan inovasinya selama magang, serta membagikan pengalaman berharga mereka kepada para pengunjung.
Beragam karya dan inovasi dari berbagai bidang dipamerkan, seperti produk pertanian, Ritel dan teknologi.

Pengalaman magang yang dibagikan oleh para peserta pun tak kalah menarik, memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja dan manfaat program MBKM , Jelas Jamilah.

Berbagai Lomba Menarik
Expo ini dimeriahkan dengan berbagai lomba menarik dengan kategori sebagai berikut:
Presenter Terbaik untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil magang mereka.
Booth Terbaik untuk menilai kreativitas dan estetika booth peserta.

Jamilah menjelaskan Banner Terbaik untuk menilai desain dan pesan yang disampaikan banner peserta.
Kliping Magang Terbaik untuk menilai dokumentasi dan penyampaian informasi dalam kliping magang.
Produk Magang Terbaik untuk menilai kualitas dan inovasi produk hasil magang.
Video Aktivitas Magang Terbaik untuk menilai dokumentasi dan penyampaian cerita dalam video aktivitas magang.
Pengunjung Booth Terbanyak untuk menilai popularitas booth peserta.
Media Sosial Terbaik untuk menilai pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan magang.
Meningkatkan Kualitas Universitas
Universitas Tamansiswa berkomitmen untuk meningkatkan Indeks Kualitas Universitas (IKU) yang terkait dengan kegiatan kemahasiswaan.

Program Magang MBKM menjadi salah satu strategi penting untuk mencapai tujuan tersebut.
Inisiatif Fakultas Pertanian, Mendukung IKU Universitas
Expo Kegiatan Magang MBKM 2024 merupakan inisiatif dari Fakultas Pertanian dan disarankan oleh Pusat Layanan Kemahasiswaan untuk ditingkatkan ke tingkat Universitas. Hal ini bertujuan untuk memberikan nilai yang tinggi bagi IKU Unitas Padang.
Ketua Pusat Layanan Kemahasiswaan (PLK) Syaifuddin Islami, STP, M,Si menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah lama diidamkan oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Yevendri, SH, MH. Beliau merespon positif dan menyebutkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan tahunan.

Peran Pusat Layanan Kemahasiswaan sebagai pendongkrak nilai IKU 2 yang berkaitan dengan MBKM akan dipertajam pada saat magang dan nanti akan dilanjutkan magang kewirausahaan.
Antusiasme dari Pihak BPPTTS
Ki Dr, Ir. Maihalfri, MT dari BPPTTS Unitas Padang turut hadir dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya Expo Kegiatan MBKM 2024. Beliau menyatakan antusiasme dan dukungannya terhadap program MBKM, khususnya di bidang teknologi hasil pangan.
“Kegiatan ini sangatlah positif dan bermanfaat bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja,” ujar Bapak Maihalfri. “Saya berharap program MBKM dapat terus dikembangkan dan diperluas, sehingga semakin banyak mahasiswa yang dapat merasakan manfaatnya.”
Harapan Pemberian Hadiah pada HUT Tamansiswa Padang
Bapak Maihalfri juga menyampaikan harapannya agar pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) Tamansiswa Padang 3 Juli 2024, para pemenang lomba di Expo Kegiatan Magang MBKM 2024 dapat diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka.
“Saya yakin para pemenang lomba ini memiliki potensi yang luar biasa,” tutur beliau. “Dengan memberikan hadiah, kita dapat memberikan mereka motivasi untuk terus berkarya dan berinovasi.”
Kegiatan Berlangsung Sehari Penuh
Expo Kegiatan Magang MBKM 2024 berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka, serta menginspirasi generasi muda lainnya untuk mengikuti program Magang MBKM.
Antusiasme Peserta dan Pengunjung
Expo Kegiatan Magang MBKM 2024 diikuti oleh 18 booth dari berbagai fakultas di Universitas Tamansiswa Padang. Para peserta memamerkan berbagai hasil karya dan inovasinya, seperti produk pertanian, teknologi informasi, dan desain grafis. Pengunjung yang hadir dapat melihat secara langsung hasil karya mahasiswa dan berdialog dengan para peserta.
Dampak Positif Expo Kegiatan Magang MBKM 2024
Expo Kegiatan Magang MBKM 2024 memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, dosen, dan Universitas Tamansiswa Padang. Bagi mahasiswa, kegiatan ini menjadi wadah untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka, serta mendapatkan pengalaman berharga dalam dunia kerja. Bagi dosen, kegiatan ini menjadi sarana untuk memantau perkembangan mahasiswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi Universitas Tamansiswa Padang.

Kegiatan ini menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan IKU dan reputasi universitas.
Expo Kegiatan Magang MBKM 2024 merupakan kegiatan yang sukses dan bermanfaat bagi semua pihak. Universitas Tamansiswa Padang berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa di masa depan, ucap Maihalfri. (ms/*/ton)