UNP Tuan Rumah Silaknas ICMI dan Expo 6-8 Desember

Padang, Mimbar — Majelis Pengurus Pusat (MPP) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) bekerjasama dengan Majelis Pengurus Organisasi Wilayah (Orwil) ICMI Sumatera Barat, kembali menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) sekaligus Milad ICMI di Kota Padang pada 6-8 Desember 2019 di Universitas Negeri Padang (UNP).

Tema yang diangkat adalah Penguatan Nasionalisme dan Pembangunan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045 akan dihadiri sekitar seribu kader ICMI yang ada di seluruh Nusantara dan mancanegara dan akan diikuti 1000-an peserta seluruh Indonesia plus peserta dari negara-negara ASEAN lainnya.

Sekretaris MPO Orwil ICMI Sumatera Barat Ganefri, Rabu (27/11/2019) di UNP Padang menagatakan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla selain akan menghadiri sekaligus menjadi pembicara. Selain itu, sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 akan hadir, diantaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dan Menteri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhajir Effendi.

Baca Juga:  Penutupan Dies Natalis UNP Ke-65, Efan Lubis Terima Penghargaan dari Rektor

“Biasanya Silaknas ini yang membuka selalu Presiden dan ditutup oleh Wakil Presiden, hingga saat ini kita masih menunggu konfirmasi dari bapak presiden, apakah jadi membuka perhelatan Silaknas tahun ini di Padang,” kata Prof Ganefri, yang juga Ketua Pelaksana Silaknas.

Ganefri mengungkapkan, Silaknas ICMI yang akan digelar pada 6 hingga 8 Desember 2019 di UNP, dijadwalkan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Pembukaan akan dilaksanakan di Auditorium UNP pada 6 Desember 2019, sekitar pukul 14:00 WIB.

“Sebagai tempat penyelenggara segala persiapan telah kami matangkan, agar peserta merasa aman, nyaman dan kegiatan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kalau persiapan sudah 90 persen lebih, tinggal menunggu konfirmasi sebagian peserta,” tuturnya.

Baca Juga:  Rektor Prof. Ganefri Minta Jaga Integritas UNP

Sementara itu, Sekjen ICMI, Mohammad Jafar Hafsa menjelaskan, Silaknas 2019 juga akan dihadiri delegasi delapan negara Asean, diantaranya Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunai Darussalam, Vietnam dan Timor Leste. Delegasi dari delapan negara itu hadir untuk pertemuan Ikatan Cendekiawan Muslim Asia Tenggara (ICMA) setelah organisasi ini terbentuk pada 2018 lalu saat Silaknas diadakan di Lampung.

“Kita juga akan memberikan penghargaan kepada Presiden RI ke-3, BJ Habibie. Karena beliau sebagai Bapak Demokrasi dan teknologi, yang sangat berjasa kepada bangsa dan negara, juga kontribusi beliau atas berdirinya organisasi cendekiawan muslim,” jelasnya. (ms/age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *