Wabup Pasbar Risnawanto Buka MTQ Tingkat TPA/TPQ se-Nagari Kapa di Masjid Raya Kapa

Wabup Pasbar Risnawanto membuka lomba MTQ tingkat TPA/ TPQ Se-Nagari Kapa di Masjid Raya Kapa, Senin (26/3). (foto/Roni)

Pasbar, mimbarsumbar.id — Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo menggelar lomba MTQ tingkat TPA/ TPQ Se-Nagari Kapa di Masjid Raya Kapa, Senin (26/3). Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara pemerintahan Nagari Kapa dengan Mahasiswa KKN STAI Yaptip Tahun 2024, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto.

Wakil Bupati Risnawanto, dalam sambutannya menjelaskan bahwa bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh kemuliaan dan keberkahan serta banyak keutamaannya, sehingga bisa menjadi waktu terbaik bagi umat muslim untuk memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

“Tentunya kegiatan MTQ yang digelar berkat kolaborasi Nagari Kapa dengan mahasiswa KKN STAI Yaptip ini diharapkan mendapat keberkahan serta pahala di sisi Allah. Karena memuliakan dan mengagungkan kalam illahi di bulan suci. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini termasuk mahasiswa KKN. Karena kegiatan ini juga seiring dengan program pemerintah daerah tentang magrib mengaji dan Tahfiz Alquran. Kegiatan ini alhamdulillah sudah mulai berjalan di setiap jorong dan nagari,” ucapnya.

Sebab kata Wabup Risnawanto, apapun profesi dan jabatannya, maka akan kembali kepada Alquran dan mulai dengan Alquran. Hal itu sudah banyak bukti yang ditunjukkan bagi siapapun yang memuliakan Alquran.

“Apalagi Tahfiz Alquran ini sudah diterima di perguruan tinggi dan sekolah lainnya yang hafalannya sudah sekian juz. Banyak presentasi yang akan diraih dengan menghafal Alquran dan memuliakannya,” ujar Risnawanto.

Sementara itu, Wali Nagari Kapa Nofrizon menjelaskan bahwa kegiatan MTQ yang digelar merupakan misi dan visi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat.

“Kami pemerintah nagari mendukung. Apalagi kami ingin anak-anak lebih semangat lagi mengaji dan menghafal Alquran,” katanya.

Ia menambahkan, dengan digelarnya lomba MTQ akan menjadi cikal bakal bibit prestasi yang akan diusulkan mengikuti lomba tingkat kecamatan, tingkat Kabupaten Pasaman Barat hingga tingkat provinsi nantinya.

“Mari ikuti kegiatan ini dengan baik, raih prestasi dan menjadikan penghafal Alquran,” ujarnya.(ms/Roni)