Wako Genius Umar Jelaskan Tangguhnya Ekonomi Pariaman pada Wakil Konsul Amerika

Walikota Pariaman Genius Umar bertemu kawan satu alumni Program Amerika angkatan (IVLP) yang merupakan Wakil Konsul AS untuk Sumatera Mr. Suraj S. Mungara, Rabu 21/9-2022. (foto.dok/hms)

Pariaman, mimbarsumbar.id —Bertemu kawan satu alumni dalam Program Amerika angkatan (IVLP), yang kini menjabat Wakil Konsul Amerika Serikat (AS) untuk Sumatera Mr. Suraj S. Mungara, Rabu (21/9/2022), Walikota Pariaman Dr  Genius Umar bicara panjang lebar soal ketagungguhan kota yang dipimpinnya.

Mungara merupakan Wakil Konsul AS untuk Sumatera yang membidangi politik dan ekonomi. pertemuan dua sahabat ini full dialog menggunakan bahasa Inggris tanpa didampingi penterjemah.

Genius usai pertemuan mengatakan dia bertemu Wakil Konsul AS dalam kapasitas sebagai Alumni Program Amerika (IVLP).

“Kami berdiskusi dan share,
saya memberikan trik dan tips bagaimana di masa krisis pandemi, ekonomi Kota Pariaman tetap tangguh,” ujar Genius Umar.

Baca Juga:  Sah..! Fakhrizal-Genius Umar Paslon Independen Pilkada Sumbar 2020

Saat covid-19 maupun pasca covid-19 sekarang ini, kata Genius kepada teman satu alumni itu, kata kunci ekonomi Pariaman tangguh karena mengandalkan sektor pariwisata dan pertanian perikanan.

“Dua sektor itu dimantenance bersama, komitmen dan konsisten semua stakeholder, ini memastikan Pariaman tetap dalam posisi ekonomi tangguh, dan mengalami pertumbuhan ekonomi positif,” ujar Genius.

Sedangkan potensi kebudayaan, Kota Pariaman mampu mengreat dan memaksimalkan event yang bisa memperkuat ekonomi masyarakat.

“Event budaya menjadi atraksi pariwisata, kemudian event sport tourism untuk mengembangkan pariwisata Pariaman, seperti pesta tabuik kemarin itu luar biasa spending money pengunjungnya,” ujar Genius.

Suraj Mungara juga menanyakan tentang wisata laut di Pariaman, diving dan surving. Selain itu Genius dan Suraj terlibat diskusi tentang politik lokal, nasional dan regional. Pertemuan dua sahabat itu dibumbui canda dan diselingi menseruput teh. (ms/*/ald)

Baca Juga:  Pertama di Sumbar, Wako Pariaman Salurkan BLT Dana Desa Lewat BNI
banner 300x250