WIES 2023 di Sumbar, Dony Oskaria: Racik Dengan Kreatif Marketing, Jangan Dibungkus Politik

Direktur PT. Aviasi Pariwisata Indonesia Dony Oskaria bersama Kadis Pariwisata Sumbar Luhur Budianda dan Direktur MICE Kemenparekraf Masruroh dalam FGD kupas tuntas plus minus WIES dengan moderator Ketua BPPD Sumbar, Sari Lenggogeni, Senin (20/3/2023). (foto.dok/ms)

JAKARTA, mimbarsumbar.id — Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) jadi tuan rumah Word Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023. Diresmikan Memparekraf Sandiaga Uno, ivent dunia ini akan memperkuat Sumbar sebagai provinsi yang kental dengan budaya dan penganut ajaran Islam yang taat.

Tapi sebelum launching WIES 2023, tokoh nasional berdarah asli minangkabau, kini Dirut Injourney (PT. Aviasi Pariwisata Indonesia) Dony Oskaria bersama Kadis Pariwisata Sumbar Luhur Budianda dan Direktur MICE Kemenparekraf Masruroh gelar FGD guna mengupas tuntas plus minus WIES dengan moderator Ketua BPPD Sumbar, Sari Lenggogeni.

Dony Oskaria tak hanya tokoh minang dan enterprenuer nomor satu di Indonesia, tapi Dony Oskaria selaku Dirut InJourney selalu diberi tugas oleh presiden untuk memaintenance iven internasional.

Sejak InJouney dibentuk, Dirut Dony Oskaria ini telah mengawaki iven besar dunia di Indonesia yang bersinergi dengan kementerian dan lembaga negara termasuk pemerintah daerah, sebut MotoGP Mandalika Pertamina Championship, KTT G20 di Bali, F1 Power Boat Championship di Balige Lake Toba Sumatera Utara, sebentar lagi ASEAN Summit di Labuhan Bajo Flores NTT dan Piala Dunia U20, tentunya kembali MotoGP Mandalika 2023.

“Semua kepercayaan Pak Presiden ke InJourney karena dinilai semangat marketingnya sinergis dengan harapan Pak Presiden yaitu Creative Marketing,” ujar Dony Oskaria yang pernah menjadi Wakil Dirut PT Garuda Indonesia dan  pernah jadi Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional.

“Kita melihat ivent WIES sebuah prospek yang akan memberikan impact luar biasa. Tapi kalau para stakeholder di ivent WIES ini konsepnya formal meeting saja jelas tak punya impact hebat dan greget WIES 2023 di Sumbar. Tapi bagaimana Dinas Pariwisata, para profesional pariwisata di Sumbar berkolaboratif jadikan WIES sebagai Creative Marketing yang dapat meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat Sumbar. Kita juga bisa mendapatkan media exposure yang terukur dari iven ini.” ujar Dony

Dony juga berharap WIES menjadi moment luar biasa yang bisa mendatangkan ribuan orang datang ke Sumbar baik investor dan buyer dari segala penjuru dunia.

“Ini adalah ivent tingkat dunia, konferensi enterpreneur muslim dari berbagai negara. Jadi kita mesti menarik orang mengunjungi Sumbar dengan level mendunia. Dan ini merupakan bisnis matching dari seluruh enterpreneur muslim dunia,” ujar Dony Oskaria.

Dony saat akhir kupasannya mengatakan InJourney siap menawarkan promosi WIES 2023 di seluruh Bandara di Indonesia yang berada di bawah perusahaan InJourney sehingga diharapkan ivent bergaung sampai ke luar negeri.

Selain itu momen budaya dan Islam di mana Sumbar tuan rumahnya bisa menjadikan upaya penting mengumpulkan generasi emas Minangkabau saat ini.

“Generasi emas Minangkabau, saat WIES bisa dikumpulkan dalam satu forum kolosal misalnya ‘Ranah Minang Maimbau’, para generasi emas itu semuanya sudah kelas soeltan di profesi digeluti anak minang itu, sebut saja entrepreneur, profesional, star up dan politisi serta profesional di BUMN juga di kementerian hingga Ketua DPR RI. Syaratnya jangan Ranah Minang Maimbau itu dibungkus dengan politik, pada gak mau orang minang di dunia ini datang,” ujar Dony di momen lain. (ms/ald)