Yosmeri: Jika Mahyeldi Ketum IKA Unand, Peluang Pilpres Terbuka Lebar

Yosmeri, Pengamat Politik. foto.dok

Padang, Mimbar — Sejauh ini memang belum ada declare dari Buya Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah maju menjadi Ketua Umum DPP IKA Unand pada Kongres VI IKA Unand 7 Agustus 2021. Meski begitu, potensi Buya sangat besar apalagi kalau alumni Unand ingin membuat sejarah pada Pilpres 2024.

“Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah jadi Ketua Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama), IKA Unand kongres Agustus, sudah saatnya alumni Unand memilih sosok ketua umumnya yang bisa bertarung di Pilpres 2024,” ujar Pengamat Politik Nasional dari Yosmeri, Minggu 13/6-2021 di Padang.

Baca Juga:  UTBK Tahap III UNP Digelar 30 Juli 2020

Menurut Yosmeri, fakta sejarah suksesi nasional, sejak awal belum pernah sekali pun alumni Unand jadi presiden, Wapres bahkan men-Capres atau pun men-Cawapres.

“Alumni Unand yang sudah 130 ribu lebih di seantero bumi dengan beragam profesi mesti harus jeli melihat peluang Pilpres 2024,” ujar Yosmeri sembari menseruput kopi arabika Solok Rajo.

Lanjut kata Yosmeri, Kongres VI IKA Unand harus menawarkan dan memilih figur yang berpotensi menjadi tokoh nasional.

“130 ribu Alumni Unand itu tersebar di seluruh negeri, dan menjadi influencer untuk ketua umumnya, itu dahsyat mempengaruhi elektoral 2024,” ujar Yosmeri.

Baca Juga:  Dukung Kurikulum Merdeka, UNP, UIN Raden Fatah, dan UIN Syarif Hidayatullah Teken Kerjasama

130 ribu alumni dengan turunan cluster voter-nya, kata Yosmeri ini modal besar buat merancah Pilpres 2024 bagi alumni Unand.

“Sapakah dia? Mahyeldi, sangat mungkin dengan jabatan politik merangkak dari bawah yang diperolehnya di Sumbar dan kini menjadi bintang terang kader politik kaum religius. Alumni Unand harus melihat jauh dilayangkan maliek dakek ditukiakan, basamo mako manjadi untuk kebanggaan nagari dan bangso, serta untuk kejayaan bangsa,”ujar Yosmeri (ms/*/ald)

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.