UNP Termasuk 50 Kampus Peduli Lingkungan dari 850 Kampus di Indonesia

Padang, Mimbar — Program Studi S2 Ilmu Lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP) mulai menjadi program pascasarjana yang diminati bagi masyarakat. Hal itu terlihat dengan apresiasi Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan sertifikat penghargaan 50 besar diantara 850 kampus di Indonesia yang peduli lingkungan.

Ketua Prodi S2 Ilmu Lingkungan dan juga Ketua Pusat Kajian Lingkungan Hidup (PKLH) Dr Indang Dewata mengatakan penghargaan kepedulian tersebut diterima dalam bentuk UI greenmetric yang diumumkan langsung oleh Ketua Pelaksana Prof. Riri Fitri Sari. Dalam sambutan pidato oleh Menteri Negara LH dan K yang dibacakan oleh Inspektur Jendral KLHK Ir. Laksmi Dwiyanti, MSc. bahwa Rektor UNP, Prof Ganefri yang memperoleh penghargaan ini tidak hanya menunjukkan kepiawaain dalam memimpin universitas tetapi juga merupakan Rektor yang peduli dengan kehidupan umat dan alam serta perubahan iklim. Penyerahan ini dihadiri oleh beberapa orang rektor seperti Rektor UI, Rektor IPB dan pejabat Dikti.

Baca Juga:  Dosen BK FIP UNP Ciptakan Teknik Cahaya yang Bisa Mengurangi Trauma dan Phobia

“Karena kesibukan Rektor mempersiapkan gelaran Dr HC Bapak JK, saya selaku Ketua Pusat Kajian Lingkungan Hidup (PKLH) UNP ditugaskan langsung mewakili Rektor UNP,” kata Indang Dewata kepada wartawan melalui telepon Selasa (3/12), malam yang sedang berada di Jakarta.

Secara terpisah, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan tantangan kepada Universitas Negeri Padang untuk meningkatkan kampus yang lebih hijau lagi. Ia menegaskan kampus yang lebih hijau jelas amat diperlukan secara khusus terutama bagi mahasiswa untuk peningkatan kualitas belajarnya. Selain itu secara umum, kampus hijau juga diperlukan oleh seluruh sivitas akademika di kampus untuk peningkatan kinerjanya. (ms/age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *